Kelemahan Serta Kelebihan Ayam Petarung Jenis Bangkok

Saat ini perkembangan Ayam Petarung di Indonesia bisa dikatakan sudah sangat pesat, terdapat banyak jenis lomba serta kontes ayam baik ayam laga maupun ayam hias. Khusus untuk ayam laga, biasanya para botoh memilih ayam aduan mereka dan membeli dengan harga yang mahal. Namun ada juga yang memelihara ayam mereka sejak masih anakan demi memperoleh ayam berkualitas dengan budget yang cukup murah. Sementara itu ayam aduan paling populer di Indonesia tentu saja adalah ayam bangkok, dan berikut ini kelemahan serta kelebihan yang dimiliki oleh ayam asal Thailand ini.

Keunggula utama ayam bangkok ini adalah postur nya yang berpawakan tinggi dan besar, selain itu ayam ini juga memiliki otot yang kuat sehingga membuat ayam ini memiliki banyak stamina yang bisa membuat ayam ini bertarung hingga ronde akhir dimana pukulan nya masih sangat keras. Selain itu ayam ini juga memiliki mental yang sangat kuat, bahkan ada beberapa ayam yang memilih mati di tempat saat pertarungan daripada harus lari.

Ayam ini memiliki naluri bertarung sejak masih anakan sehingga kita sebagai pemilik nya hanya tinggal melatih dan merawat ayam tersebut agar ayam itu bisa tumbuh dengan maksimal dan memiliki tenaga yang kuat. Namun yang perlu anda ingat adalah ayam aduan ini memerlukan perawatan yang berbeda dengan ayam kampung, sebab ayam ini memerlukan nutrisi serta vitamin yang lebih banyak.

Dengan memiliki tulangan serta tubuh yang besar membuat ayam ini tahan akan pukul, jadi ayam ini akan mampu bertarung hingga ronde-ronde akhir. Selain itu ayam ini juga memiliki keseimbangan yang sangat bagus, oleh sebab itu pukulan ayam ini pun juga memiliki akurasi yang tinggi. Jadi memang ayam ini bisa dikatakan sangat komplit.

Kekurangan Ayam Petarung Jenis Bangkok

Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun ayam ini tetap memiliki kekurangan yaitu ayam ini tidak pernah mau menerima kekalahan. Jadi jika ayam ini sekali kalah maka ayam ini sudah tidak bisa digunakan untuk bertarung serta untuk indukan karena rasa trauma ayam ini sangat tinggi dan akan membekas seumur hidup. Dan jika untuk indukan maka anakan nya nanti juga akan tidak memiliki mental yang bagus.

Ayam ini memiliki kecepatan yang tidak terlalu bagus, hal itu dikarenakan badan nya yang besar dan membuat pergerakan ayam ini sedikit lamban. Namun meski demikian ayam ini memiliki pukulan yang sangat keras.  Ayam ini juga membutuhkan pakan yang banyak sehingga memerlukan biaya yang cukup tinggi juga.

Beberapa Ayam Petarung Yang Bagus Selain Jenis Bangkok

Namun untuk ayam aduan tidak hanya ayam bangkok saja yang banyak ada di Indonesia saat ini. Ada beberapa jenis ayam lain nya seperti ayam birma atau burma. Ayam jenis ini berasal dari Myanmar dan merupakan tandingan yang sepadan kala melawan ayam bangkok, meski memiliki tubuh yang relatif lebih kecil namun ayam ini mampu mengimbangi pertarungan dengan ayam bangkok karena memiliki kecepatan yang luar biasa.

Berikut nya adalah ayam Pakhoy, ayam ini sebenar nya sangat mirip dengan ayam bangkok namun tipe ayam ini akan memiliki gaya bertarung pukul brakot yaitu pukulan yang mengarah ke badan. Demikian artikel mengenai kelemahan serta keunggulan Ayam Petarung jenis bangkok, semoga bermanfaat.